Jumat, 22 November 2013

Daur ulang kulit telur menjadi boneka horta

Telur memang enak dimakan dan bergizi tinggi. Ada yang senang dibuat telur dadar, telur mata sapi, telur kecap, omlete, kerak telor dan banyak lagi yang lain. Isinya kita makan dan cangkangnya kita buang ditempat sampah. Dan selalu, kulitnya berakhir di tong sampah menjadi barang tak bernilai.  Bila disikapi dengan penuh imajinasi semuanya bisa disulap jadi lebih bermanfaat, bila kreativitas dan ketekunan diberi tempat, cangkang telur pun bisa menjadi sebuah karya yang indah dan mahal. Lagi-lagi boleh dibilang banyak hal menarik yang justru bisa didapat dari sampah atau limbah.Kalaupun ada yang jeli melihat peluang bisnisnya mungkin hanya sebagian saja. Seperti yang dilakukan oleh salah satu warga bantul Yogyakarta yang menciptakan berbagai produk keramik dipadu dengan ornamen dari kulit telur seperti Guci Kulit Telur, Botol Kulit Telur dan Bola Kulit Telur.

Cara pembuatannya memang membutuhkan kecermatan dan banyak pengalaman untuk menghasilkan sebuah karya yang indah. Setelah cangkang telur dibersihkan dari kulit arinya, lalu dilakukan pengeringan dan langsung ditempelkan ke berbagai kerajinan dari keramik atau yang lainnya. Selanjutnya dilakukan proses pengeleman dan pengamplasan, kemudian diberi dempul dan diberi pewarna.Ada juga yang membuat kerajinan batik kayu dengan kulit telur. Hasilnya patung sepasang pengantin jawa dengan pakaian pengantin yang dikreasikan menjadi motif batik dari kulit telur, topeng yang biasanya dibatik, dilukis atau dicat, bisa dikreasikan dengan kulit telur,  lampu meja bermotif batik dengan kulit telur, lilin dalam gelas, kotak, bahkan peralatan rumah tangga.
Alat dan bahan untuk membuat Boneka Imut dari Kulit Telur yaitu : cangkang telur, spidol warna permanen, gabus (styrofoam), bibit rumput dan tanah. Cara membuat boneka dari kulit telur :
Siapkan cangkang telur yang rusak sebagian saja.
Cuci cangkang telur sampai bersih dengan sabun, lalu keringkan.
Jika sudah kering maka gambar cangkang telur dengan spidol warna permanen.
Bentuk styrofoam menjadi dudukan cangkang telur dan beri warna.
Isi cangkang telur dengan pupuk dan bibit secukupnya.
Tunggu beberapa hari hingga rumput tumbuh dengan baik dan sirami secara teratur.
Boneka horta cangkung telur siap untuk dipajang atau dimainkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar